Manfaat dan Resiko Jika Tidak Melakukan Scaling Gigi

Scaling gigi merupakan cara untuk membersihkan karang pada gigi dengan memakai alat yang biasa dikenal dengan sebutan ultrasonic scaler. Tartar atau karang gigi merupakan tumpukan plak yang mengeras dan menempel di permukaan gigi.

Dengan adanya karang pada gigi membuat tampilan gigi seakan tidak terawat. Sebab plak yang menempel cenderung kusam dengan warna kecoklatan, ada juga kuning bahkan berwarna hitam.

Menggunakan alat scaling pada prosesnya akan memberikan getaran yang dapat merontokkan dan menghancurkan karang yang ada di gigi sampai pada bagian terdalam. Bukan hanya itu saja, alat tersebut juga bisa membersihkan plak di garis gusi dimana sangat susah dijangkau oleh alat menyikat gigi biasa.

Ketika melakukan scaling gigi, Anda akan merasa seperti gusi nyeri, bengkak bahkan ada yang berdarah. Kondisi ini terjadi dikarenakan gigi dan gusi yang terdapat karang baru menyesuaikan diri terhadap proses scaling supaya kembali bersih.

Manfaat dan Resiko Jika Tidak Melakukan Scaling Gigi

Manfaat Melakukan Scaling Gigi

Beberapa bentuk manfaat yang bisa dirasakan sesudah Anda menjalani prosedur scaling pada gigi, diantaranya sebagai berikut :

·         Menghindari risiko terjadinya penyakit gusi (periodontitis)

·         Menghindari bau tidak sedap dari mulut

·         Menghemat biaya untuk perawatan gigi di kemudian hari

·         Menghilangkan noda pada gigi yang berasal dari kopi, teh, dan rokok

·         Meminimalisir terjadinya gigi berlubang serta kerusakan lain

Scaling gigi sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi seseorang dan bisa menjaga penampilan agar tetap selalu percaya diri dengan senyum ceria tanpa adanya plak yang mengganggu.

Risiko Jika Tidak Melakukan Scaling Gigi

Scaling gigi tidak sebatas membersihkan gigi saja, namun juga untuk mencegah datangnya suatu penyakit. Dibawah ini terdapat beberapa resiko datangnya penyakit yang diakibatkan oleh adanya karang pada gigi.

1.       Masalah Gigi

Plak atau karang gigi bisa menjadi wadah berkumpulnya bakteri, dan bakteri ini bisa menyebabkan beberapa masalah gigi, biasanya bau mulut, munculnya bau tidak sedap dari mulut bisa dikarenakan adanya bakteri jahat yang ada pada mulut dan menghasilkan belerang atau gas sulfur. Hal itu mengakibatkan jika Anda menghembuskan nafas dari mulut, akan keluar bau yang begitu menyengat dan tidak sedap.

Tidak hanya itu, asam yang ada pada bakteri bisa membuat gigi Anda berlubang, dan plak tersebut juga bisa mengikis tulang sebagai penyangga didi serta membuat gigi goyang dan mudah rontok.

2.       Gingivitis

Plak atau karang gigi yang didiamkan bertahun-tahun bisa menjadi sangat keras dan menimbulkan radang pada gusi. Kondisi tersebut membuat gusi bengkak, meradang, dan rentan berdarah. Lambat laun, masalah seperti gigi berlubang bisa kapanpun terjadi dan berbagai masalah gigi lainnya.

3.       Periodontitis

Jika gingivitis tidak diobati segera, tentu akan menjadi lebih parah serta menimbulkan penyakit gusi. Penyakit tersebut menyebabkan adanya kantong yang menciptakan jarak antara gigi dan gusi. Saat kantong ini dipenuhi oleh bakteri, sistem kekebalan pada tubuh dengan alami akan melepaskan zat kimia sebagai perlawanan kepada bakteri tersebut.

4.       Penyakit Jantung

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa bakteri yang menimbulkan penyakit gusi juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Seluruh bakteri yang bermukim di karang gigi bisa menginfeksi jaringan yang ada pada penyangga gigi serta bisa tersebar ke seluruh bagian tubuh lewat aliran darah hingga mempengaruhi katup pada jantung.

SehatQ akan menjadi opsi terbaik bagi Anda yang ingin menggali informasi lebih dalam seputar kesehatan. Seperti artikel yang diulas kali ini yakni manfaat dan resiko jika tidak melakukan scaling pada gigi.

Deskripsi : Melakukan scaling gigi ternyata menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia. baik untuk kesehatan gigi, tampilan gigi hingga kesehatan jantung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik Memilih Ban Motor Bernilai Untuk Kendaraan Anda

Kandungan Dan Kegunaaan Kunyit

Kandungan Dan Kegunaaan Jeruk Untuk Tubuh