Trik Memilih Ban Motor Bernilai Untuk Kendaraan Anda

Trik memilih ban motor bernilai untuk kendaraan pribadi anda,saat ini kendaraan roda dua alias sepeda motor telah menjadi kebutuhan primer masyarakat Indonesia.

Hampir disetiap keluarga mempunyai kendaraan bermotor,hal ini dijadikan kesempatan bisnis yang sangat menjaapabilan bagi mereka yang berkecimpung di dunia otomotif dengan membuka toko-toko yang khusus menjual ban motor.

Cara Mengganti Kampas Rem Belakang Motor Bebek

Hampir di setiap daerah tersedia toko khusus ban motor salah satunya planet ban. Setiap harinya ada saja yang mengganti ban motor mulai dari yang hanya sekedar untuk modifikasi maupun sengaja mengganti ban motor sebab kondisi ban telah aus,telah botak serta tidak pantas pakai.

Untuk memilih ban motor baru yang sesuai dengan kebutuhan,sobat wajib cermat memilih ban motor paling baik serta bernilai,mengapa demikian?jelas,ini menyangkut keslamatan serta keenjoyan sobat selagi berkendara,sebab tidak jarang salah satu faktor kecelakaan di jalan adalah kondisi ban yang telah tidak pantas pakai.

Dengan kondisi ini pastinya kami tidak mau kan celaka di jalan sebab faktor sepele yaitu salah memilih ban motor.

Pengalaman saya bekerja di suatu  toko ban motor di daerah Bandung menjadikan saya sangat paham dengan segala tipe ban mulai dari ban motor matic,ban motor bebek,ban tubeless hingga ban motor baru maupun ban motor vulkanisir.

Apabila sobat hendak mengganti ban motor sobat,ada baiknya kami simak berbagai trik berikut ini supaya tidak salah dalah memilih ban motor untuk kendaraan sobat.

1.Ukuran ban
Untuk setiap tipe kendaraan bermotor,pastinya ukuran ban tidak sama-beda,ukuran ban motor matic tidak sama dengan ban motor bebek.

Saya beri contoh ukuran ban untuk motor bebek yaitu ban depan 70/90-17 serta ban belakang 80/90-17 (ukuran standar ).

Apabila penggunaan motor untuk sehari-hari umpama hanya untuk dibawa kerja sebaiknya pilih ukuran standar saja,akan tetapi apabila penggunaan motor untuk mengangkut beban berat untuk mengangkat barang dagangan umpama,sebaiknya perbesar ukuran ban sobat yaitu 80/90 untuk ban depan serta 90/90 untuk ukuran ban belakang.

Tidak dianjurkan memperkecil ukuran ban,umpama ban depan diperkecil menjadi 60/90 serta belakang 70/90,selain boros dalam penggunaan,memperkecil ukuran ban bisa mengakibatkan ban mudah bocor serta lebih fatalnya lagi sobat bisa kena tilang apabila terjaring razia sebab ukuran ban yang tidak standar.

2.Merek ban
Seusai ukuran ban telah kami tentukan sesuai dengan kebutuhan,trik selanjutnya adalah memilih merek ban,merek adalah nilai dimana setiap merek ban mempunyai nilai yang tidak sama.

Saat ini tidak sedikit sekali merek ban baik yang lokal maupun import,tetapi pada dasarnya semua ban mempunyai kelebihan serta ketidak lebihnan masing-masing,saya beri contoh ban lokal yang tidak sedikit digunakan yaitu merek FDR.

Tetapi ada baiknya sobat meminta saran terhadap karyawan toko ban menentukan merek yang tepat untuk ban motor sobat,sebab mereka lebih paham mengenai semua karakter ban motor,dengan demikian sobat bakal diberi berbagai rekomendasi opsi ban yang sesuai dengan motor.

Biasanya ban motor yang tahan lama cenderung berbahan keras serta ban motor yang boros mempunyair tekstur karet yang lembut,akan tetapi tahan lama tidak nya ban motor tergantung penggunaan serta perawatan.

3.Lihat Tanggal Pembuatan Ban
Yang tidak kalah pentingya dalam memilih ban motor adalah tanggal pembuatan ban,terus lama tanggal pembuatan maka bakal berpengaruh terhadap nilai ban yaitu karet ban yang lebih keras serta kaku,akibatnya adalah cengkraman terhadap aspal sehingga bertidak lebih.begitupun sebaliknya apabila tanggal pembuatan ban tetap baru,bisa dipastikan nilai ban terjamin.

Untuk mengenal faktor ini,sobat bisa cek di tahap ban tersebut angka semacam ini (01 17) itu artinya pembuatan ban pada minggu pertama di tahun 2017.

4.Corak/Kembang Ban
Kembangan ban salah satu faktor penting dalam memilih ban motor,dengan model kembangan ini bakal terlihat gagah serta stylish.Dengan tidak mengesampikan faktor tersebut nyatanya kembangan ban mempunyai manfaat tertentu.

Kembangan ban untuk roda depan sebaiknya pilih dengan garis tengah yang seolah membelah ban tersebut,garis itu sangat berguan untuk membelah air saat kondisi jalanan basah,bisa sobat perhatikan setiap ban motor bawaan pabrik biasanya ban depan rutin bergaris tengah.

Untuk kembangan ban belakang tidak wajib yang ada garis tengahnya tapi diusahakan kembangan susuai dengan ban depan supaya terlihat serasi.

5.Jenis Ban
Ada dua tipe ban motor yang bisa kami temukan di toko-toko penjualan ban motor,yaitu ban motor Tube type serta ban motor Tubeless.

Ban tipe Tube type adalah ban motor yang memakai ban dalam,sedangkan ban motor tipe Tubeless adalah ban motor yang tidak memakai ban dalam.

Sobat tinggal pilih ban tipe apa yang sobat inginkan,saran saya apabila velg motor sobat telah cw (casting wheel) sebaiknya pilih ban tipe tubeless,selain ban yang lebih tebal ban tubeless mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki ban tipe tube type.

Apabila velg ban motor sobat memakai velg jari-jari sebaiknya pakai ban tipe tube type saja,sebab harganya lebih terjangkau.

6.Harga Ban
Harga ban butuh kami pertimbangkan sebelum sobat membeli ban motor,pengalaman saya selagi bekerja di toko ban motor tidak sedikit pembeli rutin menanyakan harga,tawar menawar itu rutin terjadi,sebab menawar harga itu hak pembeli serta adalah prinsip ekonomi.

Untuk ukuran ban motor bebek standar biasanya berkisar tidak lebih lebih 300 ribu untuk sepasang ban motor,perbandingan harga di setiap merek ban tidak terlalu jauh untuk ukuran ban standar dengan ukuran yang sama.

Itulah berbagai trik memilih ban motor untuk kendaraan sobat,semoga postingan ini berguna untuk sobat yang tetap bimbang memilih ban motor yang sesuai dengan kebutuhan sobat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kandungan Dan Kegunaaan Kunyit

Kandungan Dan Kegunaaan Jeruk Untuk Tubuh