Perawatan Ban Motor Tube Type Supaya Gak Gampang Bocor

Ban motor tube type- pernahkah kamu mengalami hidup sial seperti ban bocor di tengah jalan dalam kondisi terburu-buru dalam perjalanan pergi kerja?

pastinya faktor ini menjadi peristiwa yang sangat menjengkelkan ya sobat.Kejadian seperti ini jangan hingga terulang terus menerus,nah untuk menanggulangi faktor ini ada baiknya sobat membaca bebrapa trik berikut ini untuk memelihara ban motor sobat supaya kejadian seperti ban bocor di tengah jalan tak terulang lagi.

Perawatan Ban Motor Tube Type Supaya Gak Gampang Bocor

Bicara mengenai ban motor,ada dua tipe ban motor yaitu ban motor bubeless (TL) dan ban motor biasan/tube type (TL).

Tetapi dalam pembahasan hari ini kit bahas satu dulu yaitu perawatan ban motor tube type.

Ban motor tube type merupakan tipe ban motor yang memakai pelapis ban dalam,ban tipe ini digunakan untuk ban motor dengan velg jari-jari,kelemahan dari ban tipe ini yaitu ban gampang bocor apabila tak dirawat dengan baik.

Untuk meminimalisir supaya ban tak mudah bocor,butuh diperbuat perawatan yang selalu.

Hingga sekarang ban motor tube type tetap tak sedikit dicari para pemakai sepeda motor,selain harganya yang terlatif murah,pemakaian velg jari-jari menjadikan pemilik motor memilih untuk membeli ban motor tipe tube type.

Faktor yang menyebabkan ban motor gampang bocor salah satu nya dikarenakan kondisi jalan yang bercelah dan berbatu dan perawatan yang tak teratur menjadikan ban tipe ini mudah bocor,akibat dari tak lebihnya perawatan ban motor tidak hanya ban gampang bocor merupakan kerusakan pada ban,seperti ban motor benjol,kawat dalam ban motor keluar,ban motor retak,dll.

Diartikel saya hari ini bakal share trik mengenai perawatan ban motor tipe tube type supaya tak cepat rusak dan tak gampang bocor.

1.Cek tekanan angin ban
Hal yang tak jarang kami sepelekan salah satunya merupakan tak memperhatikan tekanan angin pada ban motor,tekanan angin yang terlalu tinggi dan sebaliknya bakal berpengaruh kepada ban motor sobat.

Tekanan angin yang terlalu tinggi bisa mengakibatkan ban motor benjol,ini menandakan ban motor telah tak pantas pakai dan wajib diganti.

Sedangkan tekanan angin yang terlalu rendah mengakibatkan ban retak pada tahap diding samping ban.
Untuk tekanan angin ban belakang yaitu 36psi dan ban depan 28psi dengan toleransi masing-masing 3psi.usahakan meperbuat pengecekan tekanan angin dengan cara berkala setiap satu bulan sekali.

2.Perhatikan berat beban kendaraan
Salah satu penyebab ban motor sobat gampang bocor sebab berat barang bawaan kendaraan,beratnya beban yang melebihi kapasitas mengakibatan tekanan udara terus kuat jadi memunculkan gesekan antara ban dalam dan ban luar,selain menyebabkan kebocoran,beban berat juga mengakibatkan struktur ban menjadi rusak,biasanya ini yang menyebabkan terjadinya bocor alus.

Untuk menanggulangi faktor ini sebagiknya pakai ukuran yang lebih besar dari ukuran standar,misalanya ban motor sobat ukuran standarnya 80/90-17 sebaiknya ganti ukuran yang lebih besar dengan ukuran 90/90-17.Naikan ukuran satu tingkat saja jangan lebih,apabila ukuran terlalu besar pengaruhnya merupakan motor menjadi berat jadi boros bahan bakar.

3.Keadaan pentil ban
Pentil ban satu-satunya celah angin wajib diperhatikan,biasanya pemasangan ban dalam yang tak baik mengakibatkan penti miring,ini menyebabkan kerusakan pada pentil dan lebih parahnya lagi penti bisa jebol.

Selain menonton posisi pentil,sebaiknya lihat juga tahap pangkal pentil,biasanya ban dalam yang telah lama pada tahap pangkal pentil bakal tersedia karat yang dikarenakan masuknya air,apabila dibiarkan terus menerus bisa berakibat kurang baik kepada ketahanan ban dalam.

Sebaiknya lihat kondisi ban dalam apabila telah berkarat di tahap pentilnya dan terlalu tak sedikit bekas tambalan di ban tersebut lebih baik apabila ban dalam diganti dengan yang baru.

Gantilah ban dalam yang sesuai dengan ukuran ban luar. Apabila ban dalam tak sesuai dengan ukuran ban luar,umpama ban dalam yang terlalu kecil ukurannya,akibatnya merupakan ban dalam bakal lebih mengembang dan berbahaya apabila terus menerus digunakan yaitu ban mudah bocor dan pecah.

Mudah-mudahan trik ini berguna ya sobat,ingatlah peranan ban sangat vital dalam berkendara,sebagai bukti mengapa ban motor sangat penting,sobat bisa ambil contoh pada ajang balap motor paling bergengsi di dunia yaitu motoGP.Pemilihan ban motor berperan penting sebelum berjalannya balapan begitupun dengan ban motor yang kami pakai sehari-hari.oleh sebab itu ada baiknya kami memperhatikan kodisi ban motor kami dengan cara selalu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik Memilih Ban Motor Bernilai Untuk Kendaraan Anda

Kandungan Dan Kegunaaan Kunyit

Kandungan Dan Kegunaaan Jeruk Untuk Tubuh